Cara Membasmi Virus tanpa Anti Virus

Posted by Unknown Minggu, 09 Maret 2014 0 komentar
Cara membasmi virus tanpa antivirus? Gimana caranya ? Kita sering dibuat jengkel oleh virus-virus yang menyabar cepat pada windows kita dan memperlambat kinerja windows. Simak langkah-langkah umum dari Teknisi Komputer berikut dalam membasmi virus tanpa Anti Virus :



Nonaktifkan System Restore.

Fasilitas System Restore pada Windows berguna untuk mengembalikan konfigurasi sistem ke konfigurasi sebelumnya. Agar sistem yang telah pulih tidak kembali rusak, matikan fasilitas ini dengan klik kanan pada My Computer dan pilih Properties. Lalu pilih tab System Restore dan centang bagian Turn off System Restore on All Drive.

Matikan proses virus.

Bagaimanapun caranya, matikan proses virus. Biasanya proses virus memiliki ikon berupa folder atau dokumen MS Word. Gunakan aplikasi seperti Process Explorer, Pocket Killbox, Show Kill Process, The Killer Machine, dan sebagainya.

Pulihkan registry.

Pulihkan registry yang telah diotak-atik oleh virus. Jika tidak, maka virus dapat menginfeksi komputer Anda lagi. Gunakan Hijack This, Registry Cleaner, atau The Killer Machine. Hapus juga entry Scheduled Task yang dibuat oleh virus jika ada.

Hapus file-file virus.

Gunakan fasilitas Search pada Windows untuk menemukan file-file virus.

Munculkan file-file yang disembunyikan virus.

Virus pada umumnya tidak begitu kejam dengan menghapus dokumen-dokumen kita. Biasanya file-file tersebut hanya disembunyikan. Gunakan perintah attrib -s -h <nama_file_anda> pada Command Prompt untuk memunculkannya kembali.

Saran terakhir untuk pencegahan. hati-hatilah saat melakukan transfer data baik melalui USB Flash Disk, MMC maupun dari jaringan. Tunjukkan file hidden dan ekstensi file pada Windows Explorer. Selain itu, jangan mudah tergoda oleh file-file dengan nama yang menggoyahkan iman. hehehe..
Untuk mencegah virus dari flasdisk bisa anda baca pada artikel Mencegah Virus Dari Flashdisk Menginfeksi Windows. 

Semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Membasmi Virus tanpa Anti Virus
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://blogteknisikomputer.blogspot.com/2014/03/cara-membasmi-virus-tanpa-anti-virus.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Blog Teknisi Komputer.